Cara Mengatasi Keputihan Saat Datang Bulan

Keputihan pada wanita saat menjelang menstruasi merupakan hal yang normal dan bersifat sementara. Ciri-ciri keputihan yang normal adalah berwarna putih bening, tidak berbau, tidak gatal dan tidak menyebabkan rasa perih. Akan tetapi ada jenis keputihan yang perlu diwaspadai, yaitu keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri pada area Miss V. Untuk keputihan abnormal ditandai dengan munculnya cairan berwarna putih dan kental seperti susu, berbau tidak sedap dan menimbulkan rasa gatal. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mencegah keputihan abnormal selama datang bulan:

Membersihkan area Miss V setiap hari

Menurut hasil penelitian wanita yang rajin membersihkan area Miss V menurunkan resiko keputihan selama menstruasi dan baik untuk menjaga kesehatan alat reproduksi.

Mengganti pakaian dalam setiap hari

Selain mengganti pakaian minimal 2 kali sehari, hindari pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat dan bahan yang tidak menyerap keringat.

Menerapkan pola hidup sehat

Untuk menghindari keputihan saat menstruasi adalah dengan rajin berolahraga, menjaga pola makan serta hindari stress berlebihan.

Gunakan Menstrual Cup

Pads atau pembalut biasa dibuat dengan berbagai macam campuran bahan kimia yang cukup berbahaya apabila digunakan untuk jangka panjang. Salah satunya, penggunaan pads dapat memicu keputihan. Cobalah ganti pads dengan menstrual cups untuk menghindari keputihan dan paparan bahan kimia selama periode menstruasi. Eits tapi jangan asal pilih menstrual cup yah. Pastiin menstrual cup yang kalian pilih sudah tersertifikasi FDA yah ladies. Rhea cup adalah brand menstrual cup Indonesia yang sudah tersertifikasi FDA yang pastinya aman buat digunain. Yuk ladies beralih ke Rhea Cup untuk meyelamatkan bumi kita ini.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
sharing is caring