fbpx

Masih Perawan Kah Diriku ?

Banyak stigma yang beredar di lingkungan sekitar kita kalau keperawanan itu dilihat dari robek atau tidak robeknya selaput dara seorang wanita. Sebenarnya apa itu selaput dara ? Dan benarkah apabila selaput dara kita sudah robek berarti kita sudah tidak perawan ?

Selaput dara merupakan lapisan yang menempel pada pembukaan vagina. Umumnya selaput dara berbentuk seperti bulan sabit atau donat. Namun perubahan bentuk dan elastisitas selaput dara dapat berubah seiring bertambahnya usia. Pada remaja selaput dara masih elastis namun saat memasuki usia dewasa selaput dara menjadi lebih keras. Perubahan ini dipengaruhi oleh hormon estrogen dalam tubuh wanita. 

Lapisan selaput dara akan robek saat melakukan penetrasi atau berhubungan seksual. Oleh sebab itu lapisan ini seringkali dikaitkan dengan virginitas atau keperawanan seseorang. Padahal selain penetrasi ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan selaput dara rusak.  Beberapa diantaranya seperti bersepeda, olahraga berat, berkuda, mastrubasi menggunakan alat bantu seks, menggunakan tampon atau menstrual cup atau tindakan medis tertentu. Oleh sebab itu keperawanan tidak ada hubunganya dengan robeknya selaput dara.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
sharing is caring