Miss V Mu Bau ? Yuk Cari Tau Penyebabya

Area Miss V merupakan tempat paling sensitif. Karena letaknya yang berada pada pangkal paha menyebabkan area miss V mudah sekali lembab. Kondisi lembab dapat memicu pertumbuhan bakteri apabila dibiarkan dapat menyebabkan keputihan, gatal, nyeri dan bau tidak sedap.

Umumnya bau pada area Miss V saat siklus menstruasi merupakan hal yang wajar, akan tetapi apabila disertai rasa sakit dan gatal hal tersebut dapat menjadi pertanda adanya infeksi. Berikut ini adalah faktor-faktor penyebab Miss V bau tidak sedap:

  1. Jarang mengganti pakaian dalam, untuk menjaga kebersihan area Miss V pakaian dalam harus diganti minimal 2 kali dalam sehari.
  2. Jarang mengganti pembalut, saat menstruasi meningkatkan kelembaban area Miss V, cobalah ganti pembalut dengan menstrual cup. Karena lebih higienis, menstrual cup dapat mengurangi bau pada area Miss V.
  3. Infeksi jamur merupakan hal paling umum yang menyebabkan Miss V berbau. Infeksi jamur disebabkan karena kurangnya kesadaran diri dalam menjaga kebersihan area Miss V.
  4. Sering melakukan douching vagina atau pencucian pada area Miss V menggunakan bahan kimia dapat memicu iritasi, bau tidak sedap serta kanker serviks.
  5. Seks bebas dapat meningkatkan resiko seseorang terinfeksi penyakit menular seksual seperti HIV dan Herpes. Penyakit tersebut salah satunya ditandai oleh bau tidak sedap pada area Miss V.

Apabila terjadi keputihan abnormal seperti menimbulkan bau sebaiknya berhati-hati, sebab infeksi jamur dapat menjadi salah satu penyebabnya. Jagalah kebersihan area Miss V setiap hari khususnya pada saat menstruasi atau ketika melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Miss V berbau dan tidak kunjung hilang. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih dan hindari makan-makanan tidak sehat.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
sharing is caring