Pembalut Berbahaya ?

            Berbicara tentang pembalut, pastinya semua wanita familiar dengan benda satu itu. Yes pembalut adalah sebuah barang yang paling dicari oleh wanita saat datang bulan. Fungsi dari pembalut sendiri adalah untuk menampung darah menstruasi sehingga tidak bocor kemana-mana. Tapi tahukah kalian kalau sebenernya pembalut itu berbahaya loh. Berdasarkan riset Women’s Voices For The Health, terdapat empat bahan kimia berbahaya dalam sebuah pembalut sekali pakai.

sumber : womenvoices.org

Styrene

Menurut World Health Organization, styrene merupakan zat yang tergolong kedalam zat karsinogen sehingga dapa memicu pertumbuhan kanker. Styrene sendiri adalah salah satu material untuk membuat ban mobil. Waduh ngeri banget yah

Chlorometane

Chlorometane adalah senyawa kimia yang dulunya digunakan sebagai bahan pendingin pada kulkas. Akan tetapi, senyawa tersebut tidak lagi digunakan setelah riset menemukan bahwa zat tersebut beracun. Tapi tahukah kalian kalau senyawa tersebut masih digunakan loh untuk membuat pembalut

Chloroetane

Kalian semua pasti taukan apa itu styrofoam ? Salah satu zat yang digunakan untuk membuat styrofoam adalah chloroetane. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, paparan yang tinggi dari chloroetane akan dapat menyebabkan gangguan pada kordinasi otot dan juga ketidaksadaran (pingsan).

Chlorine

Chlorine adalah zat yang biasanya digunakan sebagai bahan pemutih, kaporit pada kolam renang, dan proses sanitasi limbah industri. Sama seperti styrene, chlorine termasuk kedalam zat karsinogen sehingga dapat memicu tumbuhnya kanker. Berdasarkan hasil riset, paparan chlorine dalam jumlah tertentu dapet menyebabkan kanker serviks loh. Waduh bahaya banget yah ladies.

Waduh bahan kimia yang terkandung pada pembalut ternyata berbahaya yah bagi kesehatan. Terus bagaimana dong melewati datang bulan tanpa pembalut ? Tenang sekarang sudah ada yang namanya menstrual cup. Selain tidak menganggung bahan kimia sama sekali, menstrual cup juga dapat digunakan secara berulang sehingga lebih ekonomis dan juga ramah lingkungan loh. Eits tapi kita tidak boleh sembarangan dalam memilih menstrual cup. Pastikan menstrual cup yang kita beli sudah memiliki sertifikat FDA (Food Drug Administration) yah teman-teman supaya terhindar dari bahan bahan silikon yang berbahaya.

Rhea Cup merupakan brand menstrual cup Indonesia yang sudah tersertifikasi FDA loh, jadi aman banget buat digunakan. Yuk kita selamatkan miss-v kita sembari menyelamatkan bumi dan dompet kita dengan beralih ke Rhea Cup.

Facebook
Google+
Twitter
LinkedIn
sharing is caring